Friday 2 July 2010

mengapa Allah swt menciptakan warna

mengapa di dunia ini ada sebuah istilah biru, merah, hitam, hijau, kuning. mengapa kita mengenalnya ?. mengapa warna itu diciptakan ?. mengapa pun tidak hanya pada benda, tubuh kita sendiri pun mengumpulkan beratus-ratus warna.


"Tidaklah Allah swt menciptakan perbedaan, jika tidak agar manusia belajar daripadanya"


pernyataan itu kebenarannya sama sekali tidak menemukan bantahan di kepala saya. dan itu berarti adalah apa yang saya anggap benar. saya selalu menemukan dua sisi di setiap mata uang, saya selalu dapat menilai sesuatu dari dua sudut pandang yang berbeda dan kemudian mengambil sikap saya sendiri sebagai pegangan.

kalimat tentang perbedaan itu memang singkat. namun, saya meyakini dan mungkin sama dengan sebagian anda, bahwa maknanya jauh lebih panjang dari kelihatannya. Allah swt membentangkan petunjuknya di seluruh penjuru langit dan bumi, hanya agar manusia sadar dan mulai belajar. siapa kita tanpa petunjuk2 Allah. apakah karena kemampuan kita ini, lantas kita merasa bisa 'sendiri'.

warna adalah salah satu cara Allah swt mengajarkan perbedaan dan rasa syukur pada kita manusia. mengapa saya dilahirkan memiliki kulit sawo matang, atau hitam. atau mengapa saya lebih menyukai warna ungu daripada warna hitam, apakah lantas saya mencibir karena orang lain [salah dalam memilih warna] dalam pandangan saya.

dari sesuatu yang tidak hidup itu, disediakan bagi kita ruang-ruang berpikir yang maha luas. Saat kita marah karena perbedaan pendapat. saya kita merasa Allah swt tidak adil dalam hidup. saat kita merasa ditinggalkan sedangkan yang lain sudah sebegitu mudah berlari. kita tengah mempertanyakan 'keadilan' yang sebenarnya, yang tidak kita lihat dengan mata hati kita yang tumpul.

warna ungu bagi saya lebih indah dibandingkan warna hijau tua, tapi bagi orang lain mungkin kebalikannya. perbedaan inilah yang membuat kita spesial. membuat kita kaya akan pemikiran-pemikiran baru. membuat kita sadar bahwa inilah 'lecutan' cambuk bagi kita untuk membuka hati dan pikiran.

Allah swt menciptakan setiap detil di jagad raya ini untuk kita mengenali, belajar, menghargai dan bersyukur. bahkan Allah swt menyelipkan pelajaran di dalam diri musuh kita sendiri, di dalam sesuatu yang boleh saja kita benci.

mulailah mencintai perbedaan di detik tulisan ini selesai dibaca. mungkin saya tidak dapat melupakan beberapa orang yang telah membuat saya kecewa dan marah di masa lalu, tapi saya yakin pasti ada sesirat pelajaran di sana yang sayangnya harus saya cari [maaf, kelas di Harvard pun tidak akan membantu saya dalam hal ini, Allah swt menyediakan kelas sekelas Harvard di jagad raya ini, HANYA KITA YANG PERLU TEKUN MENCARI]. karena itu saya selalu yakin kearifan hakiki tidak di ajarkan di kelas sosial.

sungguh hargailah perbedaan. karena sesuatu yang sama akan membuatmu mati kebosanan. Oh .. Allah swt sungguh tahu tentang segala hal, termasuk bulir darah yang mengalir di nadi saya saat ini sedang berkata apa.

.adios.

DJ

No comments:

Post a Comment